Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

-
thumbnail
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan dalam melakukan pembelian rumah baik itu untuk rumah baru atau rumah second. KPR pun dapat digunakan untuk memenuhi kebtuhan konsumtif lainnya tentu dengan jaminan/agunan berupa Rumah. Walaupun penggunaannya mirip, KPR berbeda dengan kredit konstruksi dan renovasi.

Jaminan

Agunan yang diperlukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri untuk KPR Pembelian. Sedangkan untuk KPR Multiguna atau KPR Refinancing yang menjadi Agunan adalah Rumah yang sudah dimiliki.

Kegunaan dan Larangan

Karena masuk dalam kategori Kredit Konsumtif maka penggunaan KPR haruslah untuk kegiatan yang bersifat Konsumtif seperti pembelian rumah, furniture, kendaraan bermotor dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan yang bersifat produktif seperti pembelian stok barang dagangan, modal kerja dan lain sebagainya.


Simulasi Kredit Kepemilikan Rumah

Simulasi KPR setiap bank akan berbeda-beda terutama pada kebijakan yang dibelakukan terhadap jangka waktu, uang muka (dp) yang harus di bayarkan, dan bunga (penerapan bunga macam apa yang akan ditetapkan).

Simulasi KPR adalah gambaran sebuah proses kredit sebuah rumah yang wajib dilakukan oleh setiap nasabah yang hendak membeli rumah melalui sistem KPR. Proses simulasi kredit ini dilakukan oleh pihak kreditur (bank) dengan pihak yang mengajukan permohonan pembelian rumah secara kredit (pomohon)

Pihak developer rumah atau pemilik rumah tidak akan terlibat dalam simulasi ini. Sebab, developer menjadi pihak yang akan mendapatkan pembayaran dari pihak kredit (bank).

Nasabah berhak untuk meminta simulasi kredit rumah ini ke setiap bank yang hendak dijadikan penyedia kredit KPR. Walaupun pada umumnya apabila Anda membeli rumah dari developer, mereka akan langsung memberikan sejumlah pilihan bank yang bekerjasama dengan pihak developer dalam melakukan pembelian secara kredit.

Untuk mengulas mengenai simulasi kpr, saya akan membahasnya secara mendalam berdasarkan khususnya kpr rumah BJB.

Pranata luar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kredit_pemilikan_rumah

Related Post